Ladang Rejeki Pagi : Pasar Festival Jababeka

Posted: Juli 4, 2010 by Kompor Narsis Cikarang in action
Tag:, , ,

Sejak subuh hari, para pendekar “nglapak” Jababeka sudah mulai melakukan kegiatan rutin mereka. Persiapan terakhir sebelum berangkat menuju medan “nglapak” di Pasar Festival Botanic Garden Jababeka.

“Bila tidak segera bangun pagi, maka rejeki akan dipatok ayam”, begitu kata beberapa orang pandai jaman dulu dan itulah yang membuat semangat para pendekar ini selalu terbakar setiap hari Minggu mulai menjelang.

Peluang selalu ada dimana-mana dan itu juga yang membuat mereka tetap semangat melakukan aktivitas di pagi-pagi buta di saat semua orang mungkin sedang menikmati tidur yang lelap.

Sesaat setelah subuh

Sesaat setelah subuh

Peluang pasar di Minggu pagi ini memang sangat terbuka. Puluhan, ratusan bahkan ribuan orang selalu rajin membanjiri lokasi Pasar Festival. Akan sangat ramai seandainya mereka datang di waktu yang bersamaan dan di suatu tempat yang sama.

Suasana pasar masih sepi

Suasana pasar masih sepi

Secara otomatis, para pendatang ini akan menempati lokasi favorit mereka masing-masing. Ada yang langsung jalan-jalan melihat kesibukan para pendekar “nglapak”, ada juga yang hanya ngalor ngidul tanpa arah (ini sih biasanya pasangan muda mudi yang sedang dilanda asmara subuh).

Beberapa orang terlihat langsung menggelar lapangan bulu tangkis bersama keluarga mereka atau kelompok mereka masing-masing. Para jomblowan dan jomblowati saling berkelakar dengan topik bahasan yang tidak selalu harus jelas. Yang penting harus ada cerita yang bisa membuat mereka tertawa terbahak-bahak.

Yang hobi senam, biasanya datang sesuai jam senam dan mereka langsung membuat barisan tanpa ada yang memberi komando. Semuanya berjalan secara natural dan tidak perlu banyak aturan untuk mengatur mereka.

Di jalan aspal, para pengendara sepeda motor juga dengan santai memacu sepeda motornya sambil melihat-lihat situasi yang ada di keramaian ini, sedangkan para pengendara sepeda “onthel” tetap setia menggenjot sepeda mereka di jalur sepeda di bawah kerimbunan pohon Botanic Garden yang sejuk dan menyegarkan.

Semua komunitas di atas, meskipun berbeda-beda, tetapi tetap saja selalu menyempatkan diri untuk masuk ke lokasi pasar Festival. Selalu ada waktu untuk masuk ke lokasi pasar meskipun hanya sekedar lewat saja. Namun kalau sudah masuk ke pasar ini, maka ada saja barang yang tiba-tiba ingin dibeli.

Begitulah bedanya pembeli laki-laki dan pembeli wanita.

Seorang wanita akan cenderung membeli barang yang murah, meskipun pada akhirnya belum tentu dipakai. Sementara itu seorang laki-laki cenderung membeli barang yang dibutuhkan, meskipun kadang-kadang harganya terlalu mahal.

Penjual balon dan rumput hijau

Penjual balon dan rumput hijau

Di pasar Festival ini, dua macam barang itu ada tersedia, sehingga sebagian besar para pengunjung sering secara tidak sadar sudah membeli barang yang tidak mereka prediksi akan dibeli pada hari ini.

Inilah berkah rejeki buat para pendekar “nglapak” yang sudah mulai nyaman di lokasi baru ini. Di samping lokasinya lebih teratur, juga lebih rimbun dan sejuk dibanding lokasi lama.

Setelah terang tanah

Setelah terang tanah

Apa jadinya jika para pendekar ini terlambat bangun dan terlambat menggelar dagangannya?

Jawabannya pasti sudah jelas. Rejeki akan seret dan mereka akan kesulitan untuk menggelar dagangannya saat pasar ini sudah ramai.

Jadi bila ingin sehat, maka mampirlah di pasar Festival Jababeka, karena udaranya sangat bersih dan nyaman dihirup. Bila ingin barang murah, maka di sinilah tempatnya. Jadi tunggu apa lagi? Buat jadwal kunjungan rutin ke pasar ini tiap minggu.

Jangan lupa juga selalu ada hari yang indah juga di Bekasi, yaitu hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day) yang bulan ini jatuh pada hari Minggu, 178 Juli 2010. Ada senam masal yang akan diselenggarakan oleh Komunitas BeBlog. Datang ya, kita bisa kopdar di lokasi CFD (Car Free Day) ini.

+++

Sejuknya berjalan di bawah pohon

Sejuknya berjalan di bawah pohon

+++
Pasar Kaget versi 1.0
Pasar Festival versi 1.1
Pasar Festival versi 2.0

Iklan
Komentar
  1. kasminel berkata:

    Wah informasinya jelas bgt, mksh byk n slm kenal yah

  2. […] garden memang tempat yang penuh nuansa. Bisa untuk jogging, badminton, ngrumpi keluarga maupun belanja segala macam belanjaan, baik makanan maupun makanan-minuman. -6.251300 107.166269 […]

  3. Ipung berkata:

    ladang bisnis K5 yg sudah menjamur dimana tempat.

  4. FAHMI MAHRI berkata:

    Halo ! selamat pagi mas Eko, lam knal, mas Eko saya mau menanyakan kalau mau buat kartu anggota pasar Festival Jababeka harus menghubungi siapa, mohon dong informasi Mas,trimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s